Tuesday, May 14, 2013

(Result) Beat FI Lebih Laku Karena Desain

Setalah 1 bulan lebih 3 hari yang lalu saya membuat polling dengan judul “Kenapa Beat-FI Lebih Laku dari pada Mio-J”, akhirnya telah terkumpul sebanyak 138 responden (thank you mas bro dan mbak sis semua). Susah payah baru dapet segitu (maklum blog ecek2). Saya berikan opsi pilihan yang banyak untuk jawaban pada polling yang bisa agan-agan semua pilih yakni dari segi tampilan, harga, merek, dan seterusnya. Polling ini mungkin hanya sekedar buat fun aja. Tidak  mungkin akan mempengaruhi kebijakan pabrikan (lha blog opo, survei opo? Hehe). Namun setidaknya admin blog berharap bisa menjadi gambaran kecil untuk kita. Banyak yang telah memperbincangkan komparasi kedua produk tersebut. Dan sebagai salah satu pemerhati motor indonesia, admin berusaha untuk sedikit menyibak tabir gelap yang selama ini menyelimuti dunia permotoran indonesia khususnya di segmen mati entry level.
Oke. Tidak usah berbelit belit, mari kita buka bersama tabir itu. Daaaaan, yup hampir dari separuh dari pengunjung warung yang telah urun suara memilih TAMPILAN (desain, model, bodi) sebagai alasan moncernya Beat-FI atas seterunya (baca Mio-J). Dan tidak tahu mengapa ini sangat klop dengan hasil polling saya sebelumnya yang menunjukkan bahwa “konsumen indonesia memprioritaskan TAMPILAN saat membeli motor”. Dan memang tampilan adalah relatif di mata setiap orang. Namun dengan terkumpulnya suara ini, saya pikir dapat membuat wawasan kita menjadi lebih luas bahwasanya “Tampilan Beat-FI lebih menarik dimata banyak orang ketimbang Tampilan Mio-J”.
Kemudian untuk 2 besar kenapa Beat-FI lebih laku daripada Mio-J menurut para responden adalah “MEREK yang disandang Beat-FI lebih berpamor daripada kompetitor”. Saya kira anda semua setuju jika mind set kebanyakan orang indonesia tentang Merek motor adalah Honda. Bahkan di berbagai daerah pun, Honda telah mendarah daging seperti halnya dominannya AQUA atas merek air mineral lain. Hmm.. bisa dibayangkan jika Beat-FI diusung merek selain Honda.


Kemudian menuju rangking 3. Faktor keamanan dan kenyamanan ternyata menurut responden menjadi pertimbangan pengguna Beat-FI untuk memboyongnya dari dealer. Memang dari segi fitur keamanan, pabrikan sayap ngepak lebih peduli ketimbang pabrikan seterunya. Jelas, Beat FI dilengkapi dengan break lock dan SSS (side stand switch). Sedangkan produk matik entry level si Garputala minus pemutus daya pada standar samping itu meski telah mengaplikasikan break lock. Ini mungkin yang dimaksud para responden mengenai keamanan dan kenyamanan berkendara pada Beat-FI.
from (108jakarta)
Yup, top 3 alasan mengapa Beat-FI lebih laku daripada Mio-J telah terungkap sesuai suara yang telah agan-agan setorkan ke warung saya (sekali lagi terima kasih). Namun sekali lagi, ini hanya sebatas pendapat dari para pengunjung warung ini saja. Mungkin alasan yang lebih sesuai adalah dengan mengambil sampel para Beat-FI user langsung.  Dan itu tidak lah mudah. Hehe... Well, terimakasih atas perhatiannya, semoga berguna bagi kita semua. Sampai bertemu pada postingan selanjutnya...

12 comments:

  1. harusnya yang bener keamanan dan kenyaman, terus merek honda, baru lah desain

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaa, bole2 lah.. yang penting itu ane ulas yang 3 besar

      Delete
  2. Emang betul, desainnya futuristik

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantaf bro.. meski agak gambot dari versi karbu, tapi tidak kegedean dan lekukannya lebih asoy

      Delete
  3. desain minimalis dalam fitur maksimalis...
    simple and compact menurut gw...

    ReplyDelete
  4. sayang banget BeAT-FI gak ada O2 Sensor, padahal Spacy dan Vario udah ada tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada aja laris manis apalagi kalo ada yak

      Delete
  5. beat laris manis krn minim trouble... padahal kakaknya vrtek yg bnyak trouble ngorok busi koit dsb pun tetap juara apalagi yg minim trouble?
    bodynya juga mayan kerenlah meski itu relatif tergantung selera, tp yg bikin maknyos adl harga jual bekasnya dipasaran paling mantap.. makanya bnyak orang suka. Beda sm matik yamaha agak anjlog harga bekasnya aplg suzuki ancur banget harga bekasnya.
    kalo power mah 11-12 semuanya mantap maklumlah bikinan jepang semua lisensi indonesia.
    dan yg paling susah digoyang krn motor beat itu punya merk "HONDA" itu yg bikin laris mas... coba aja yamaha bikin beat pastinya lebih gak laku... atau suzuki beat wkkk ancur deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke, berarti pengaruh merk dan harga jual kembali masih lumayan diperhitungkan masyarakat sekarang ya bro..

      Delete
  6. cuma karena image honda.. gimana kalau yang boyong beat itu tvs?? hehey.. indonesia makan merek..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak dipungkiri memang itu faktor besar penentu boomingnya beat. tapi coba difikirkan kembali "jika kualitas beat tidak bagus, apa iya bakalan laku?"

      Delete

Mari Berbagi di Kolom Komentar (Semua Bebas Berpendapat)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...