Thursday, April 11, 2013

(Poll) Kenapa Beat-FI Lebih Laku Daripada Mio-J?

Pertanyaan itu lah yang mungkin berada di benak ATPM Yamaha. Betapa tidak. Dengan sekuat tenaga hendak mengkudeta Beat dari singgasana skutik, akhirnya sirna begitu saja dengan hadirnya Beat FI. Selain mesin yang berubah total, desain Beat FI ini juga mengalami revisi dari Beat karbu. Justru body Beat FI terlihat lebih gambot dari Beat sebelumnya. Selain itu, tidak ada perubahan dari generasi Beat karbu menjadi Beat FI.
Nah, dengan lahirnya Beat FI ini, market share tidak bergeming sedikitpun. Beat FI sangat sukses membawa tongkat estafet market share dari beat generasi sebelumnya. Beat FI masih menjadi menjadi motor skutik terlaris di Indonesia sampai saat ini. Bahkan di beberapa daerah Beat FI mampu mengungguli Beat karbu dalam hal volume penjualan. Yamaha sendiri sepertinya telah kehabisan akal untuk menghadapi kedigdayaan Beat FI. Mio-J yang digadang-gadang dapat melengserkan Beat, justru dipecundangi oleh Beat FI. Perbedaan antara Beat FI dan Mio-J pun hanya sebatas desain dan image brand saja.
Sekarang mari kita share di tabel polling di bawah. Menurut Anda, apa yang menjadikan Beat FI lebih laku dibanding Mio-J? Kemudian dipersilakan juga cuap-cuap di kolom komentar... Terimakasih sebelumnya atas partisipasi dalam polling kali ini.

Quizzes by Quibblo.com


Isi juga polling yang lainnya : KLIK DISINI
advertisement
-->

86 comments:

  1. ini seperti kasus di segmen sport yang dikuasai New Vixion

    ReplyDelete
  2. bingung juga y lihat fenomena beat fi, padahal klo dari desain mio J lebih bagus, dinamis, modern, stylish, sedangkan klo beat gede, gendut, bawahnya terlihat kosong sama seperti vario...mungkin ya karena itu "merk", coba ada polling pembeli beat, pengen denger...

    ReplyDelete
    Replies
    1. faktor pembelian bukan hanya dari tampilan saja bro.. masih banyak faktor lain sepeti yg bro sebutkan "merk". ada lagi popularitas, kelebihan dan kekurangan, dan sebagainya...

      memang lebih mengena jika yang menjadi pengisi polling adalah pengguna Beat FI. tapi setidaknya yang bukan pengguna juga bisa urun suara, karena kita bisa dilihat dari sudut pandang mereka juga.

      Delete
  3. mungkin perbedaan dari feel riding nya mas bro..
    pernah pake mio karbu, kesan pertama buka gas, terasa mw loncat, akselerasinya terlalu maksa..
    pake beat karbu, tarikan awalnya enak, nggak loncat kayak mio, handling jg lebih enak drpd mio karbu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo akselarasi kayaknya memang sudah menjadi identitas kedua pabrikan deh.
      dan tak semua orang juga suka dengan akselarasi yang smooth.. jadi masih relatif. cmiiw

      Delete
  4. wew... motor kalo udah populer sudah pasti semakin laku asal inovasi jalan terus...

    mio dulunya populer,karena minim inovasi jadi terjungkal deh.. hehe

    nih fenomena nya

    http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2012/07/fenomena-honda-beat.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Honda tampaknya sudah tahu kuncinya ya mas bro.
      jadi pening dah Yamaha mau ngebabat Beat FI

      Delete
    2. Bener tuh mas bro. Yamaha dulu terlalu terlena sama kesuksesan mio generasi awal. Jadi minim inovasi dan perubahan. Shg skr waktu beat udah mulai menanjak ngejarnya jadi susah. Soalnya yg beredar di masyarakat masih kejelekan dari mio generasi awal yg katanya boros, padahal sih nggak beda jauh sama beat, apalagi yg generasi injeksi udah sama aja, tergantung cara makenya aja. Kalo desain sih relatif, bahkan menurut saya mio gt desainnya jauh lebih bagus dari yg lain tp tetep nggak selaris yg lain. Makanya itu skr yamaha udah belajar dari kesalahan kalo kita liat di segmen sport. Dia udah nggak mau kecolongan lagi dari honda.

      Delete
    3. Sory ralat dikit. Maksud saya desainnya soul gt yg cakep, bukan mio gt. ^_^

      Delete
    4. kalo anak muda sih harusnya lebih suka desain dari Yamaha yak.. soalnya Yamaha sudah terkenal dengan aura "muda" nya.

      jangan2 anak muda yang pake beat itu karena dibelikan sama ortu mereka??

      #masihbingung

      Delete
  5. klo menurut pandangan saya sih
    dari segi desain:
    yamaha : orang cepat suka pada pandangan pertama tp cepat jg bosannya
    honda : entah mengapa makin lama dilihat makin naksir/ga bosenin

    dr segi kenyamanan honda mengutamakan itu!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah sekarang pertanyaannya, saat orang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan tampilan motor Yamaha, mereka langsung beli atau masih mencari perbandingan dengan kompetitornya?

      kalo langsung beli, harusnya Mio-J lebih laku, tapi kalo masih melirik produk sebelah ya bisa jadi Beat FI yang lebih moncer.. hehe

      Delete
    2. beat tu lbh nyaman dr pd mio.... klo di pake di jalan berlubang, pake mio g enak blas. (pengalaman ku si...g tau dech yg lain)

      Delete
    3. bole jadi bro...
      aplikasi ban pada Beat FI lebih gede ketimbang pada Mio-J. jadi lebih empuk di jalan rusak.

      saya kok juga heran, motor matik Yamaha kebanyakan pake bannya kecil.

      Delete
  6. Replies
    1. Yup, ini memang masalah selera gan. Namun lebih ke selera konsumen mayoritas. Tepatnya selera konsumen mayoritas terhadap motor matik entry level itu seperti apa? begono

      Delete
  7. Replies
    1. Memang tiada yang jelek dari keduanya. Makanya ini justru membuat bingung dunia merketing kususnya pada merket speda motor matik entry level Indonesia..

      Delete
  8. Shok metik Ymh lebih keras dan ukuran ban yg lebih kecil...so amat berpengaruh pada segi kenyamanan, dan itu yg mestinya YMH sadari.....tp tetep aja ga melek2....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata pakar sih kalo shock keras, dia enak buat kebut (anteng n kagak limbung). dan sebaliknya kalo lembut buat kenceng n cornering kurang yahud..

      kalo masalah ban memang sih yamaha agak pelit kasih ban agak gedean ke matik entry levelnya.
      semoga aja dengan kompetisi ini Yamaha jadi kasih ban gambot ke semua matik.. hehe

      Delete
  9. klo mnurut aku matic honda lebih kuat dari yamaha. dari survei yg aku liat banyak skali matik yamaha yg roda blakang nya "geal-geol" bahkan ada SOUL GT masih baru udah geal-geol,sementara matic honda yg aku pernah liat geal-geol cm vario yg versi awal (vario yg jadul banget). makanya aku lebih pilih pake honda. gt mas brow...

    ReplyDelete
    Replies
    1. skutik yamaha geal geol.. kayaknya kasus minoritas aja bro. kebetulan aja mungkin di sekitar mas bro skutik yamahanya pada ngegeol. atau mas bro sendiri yang ngerasa begitu karena ban skutik yamaha memang lebih kecil dibanding skutik honda pd umumnya. IMHO

      Delete
    2. kebanyakan memang matic yamaha geal geol bro...btw banyak juga beat dimodif ban kecil tapi jarang ada yang ngegeol bro..imho..

      Delete
    3. Sip bro.. namun mungkin perlu penelusuran lebih lanjut untuk hal tersebut. biar data yang didapat lebih akurat. atau bisa ditanyakan ke bengel resmi Yamaha terdekat.

      Delete
  10. gak laku juga ngaku paling depan.. Taglin ymh terllu sombong menurutku

    ReplyDelete
    Replies
    1. tagline/slogan lebih mengungkapkan harapan ketimbang kenyataan bro.. IMHO

      Delete
  11. untuk masalah shok, emang mio J lebih keras dibandingkan Beat, saya pengguna Yamaha Mio emang bener tuh shoknya keras.

    ReplyDelete
  12. untuk masalah shok, emang mio J lebih keras dibandingkan Beat, saya pengguna Yamaha Mio emang bener tuh shoknya keras.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro betul. shock empuk dan keras juga ada kelebihan dan kekurangan.

      shock empuk jelas enak buat jalan rusak, shock agak keras lebih asoy buat geber alias ngebut. cmiiw

      Delete
  13. ttp pilih bli mio j deh klo ane,cz nih mtor msin udh forged piston + diasyl silinder yg udh kbuktiin awet bgt d MX '07 ane...
    y klo mslh sochk yg keras tinggal gnti z ma produk aftermarket jg udh beres,tp agak kras lbih asik klo lg d ajak ngebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip bro... selera tiap kepala memang berbeda.

      Delete
  14. ternyata habis iat hasil surveynya.. desain yang paling banyak memilih yaaa... dan nama besar HONDA ke 2.. hmm.. berarti inovasi yang dilakukan sangat efektif yaaa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, kurang lebih seperti itu pak.
      Karena jaman sekarang, memang desain jadi prioritas utama konsumen saat membeli motor.

      http://survei-motor.blogspot.com/2013/01/result-konsumen-prioritaskan-desain.html

      Delete
  15. ini baru fakta gan..
    fakta koq mau dilawan..

    ReplyDelete
  16. hem seneng banget ngabaca komen dimari
    adminny responsif responnya...

    & cukup obyektif menurut ane....... :) [jempol]

    btw ane user mio 2010 plus ada skydrive digarasi biasa babe pake.

    & beat lawas adek yg make.

    menurut ane dr ketiga tipe itu smua ada plus minus.

    #pengen upgrade ke engine injeksi.

    tp masih nyari referensi.

    tengkyu ulasanny sangat membantu.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. penggemar matik abis dan berjiwa petualang ya bro, sampe ada 3 matik dengan merek beda2.. hehe

      makasi apresiasinya bro..

      senang bisa berbagi

      Delete
  17. menurut pandangan pribadi saya mio j terlalu banyak warna seperti banyak skotlet, mungkin itu yang kurang serasi di mata orang2 awam seperti saya, karena jiwa saya memilki pandangan motor yang ngga terlalu rame warna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi bro. memang Yamaha dirasa terlalu berani membuat diferensiasi pada sisi warna dan striping. namun bisa saja lambat laun style warna seperti itu digandrungi masyarakat

      Delete
  18. aku punya mio gt bos. law mertuaku punya honda spacy. kalau buat jalan 40 km enak honda boss, lau buat jalan 60km enak yamaha. law bahan bakar hampir sama tergantung cara berkendara. getaran mesin minim honda suspensi empuk honda.

    aku suka honda, tapi law buat nongkrong aku pilih yamaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. demikian cerita agan, bagaimana cerita Anda?

      Delete
  19. Gini nih akibat black campaign merk lain, yamaha kena karma. Bajaj & Honda jadi korban black campaign nya yamaha lewat iklan TV.
    Tukang black campaign yamaha mesti kerja keras lagi nih. Ayo Jaos, Roy, Nobita, peyek, ciaaa, ancok operpress, lebih semangat lagi ya BC-nya ;)

    ReplyDelete
  20. Kalo saat dikendarai, mesin mio sangat berisik. Cukup mengganggu telinga juga. Sendangkan Beat lebih sunyi. Lalu saat dikendarai (untuk saya) Honda Beat lebih nyaman saat dibawa di kota-kota besar yang rawan macet. Namun Mio juga bagus, saat ngebut lebih enak dibawanya dan bila dibawa ke daerah-daerah menanjak, tenaga lebih berasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya tiap produk ada kelebihan dan kekurangannya ya gan

      Delete
  21. Desain mio J tidak menjadi lebih keren dari yang lama,
    soul GT keren tapi cuma bagian depan atas doang, part-part lain kurang sip, velg+ban masih itu-itu aja.
    Padahal kunci boomingnya produk yamaha adalah pada desainnya.
    Pembaharuan pun terhitung lambaat.

    Mio lama memberi efek bosan, probem-problem lama tidak ada improvisasi, sehingga kapok untuk membeli mio lagi. Pindah merk lain dah, dan terasa lebih baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bole juga gan analisanya...
      masukan buat Yamaha ya bro untuk facelift nya yg semangat dan jangan lambat serta tentunya yg lebih hebat..

      Delete
  22. Saran, mungkin ada opsi "fitur" yang bisa dijadikan bahan polling. Secara dua motor tersebut beda fitur...
    cm sekedar saran..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip bro.. makasi masukannya. pasti akan menjadi pertimbangan kedepannya

      Delete
  23. Yang Jelas udh kemakan omongan mbak moyang, yg katanya empunya honda beat 1Ltr/90Km. menurut gw pribadi ga jauh beda ama yamaha mio gt. Pendapat pribadi ya.....

    ReplyDelete
  24. Beat Fi vs mio J. pendapat pribadi sih klo dari desain bagusan mio J gan. walaupun ane gak suka dgn yamaha :)

    tapi lebih bagus old beat tentunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aseeek... old beat emang penomenal...
      coba kalo ada old beat Fi ya gan... wkwkwk

      Delete
  25. Riding mio gt bagus dibanding mio awal dan mio sport....yamaha semakin di depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sip.. gak sia2 Yamaha improve klan mio ini

      Delete
  26. kebetulan lagi pengen ngambil motor ke dua, nemu web ini, yang bener-bener jauh beda dibanding web-web lain yang saya kunjungi. disini comment nya enak dibaca semua, saling tukar pendapat tanpa menggunakan kata-kata yang gak pantas, gak kayak tempet lain yang saling hujat.

    kalo dari saya sih, mungkin udah trademark kali ya pake yamaha, soalnya dari dulu jaman motor alfa sampe fizr, rx king, sekarang mio Sekarang mau ambil 1 lagi buat istri, dan lagi cari-cari yang paling enak antara mio J, mio GT atau xeon RC. Dilihat dari top speed sih kayaknya kurang lebih sama semua, cuma yang enak dikendarai buat santai sehari-hari itu masih ragu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasi gan atas apresiasi positifnya.. jadi tambah semangat ngeblog.. hehe

      mungkin test ride dulu gan biar puas milihnya..
      sekali lagi makasi atas lawatannya...

      Delete
  27. setelah bosan pakai vario techno ,sekarang nyobain Beli ( TangTi - uTANG sampe habis ganTi xixixi...) Mio J...aduuh ampuun keras banget reboundnya mas ari, tangan kayak bawa gerobak,bokong geser melulu....tolong solusinya gimana niih,..pleaze pencerahannya y maz ari mengingat jarak kerja ane yang jauh....kalau soal tarikan dua@nya ok banget deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pasti badan ente bongsor dan berbokong jumbo ya om.. yang bikin heran kenapa dari vartech malah hijrah ke Mio-J, harusnya ke PCX.. hehe

      Mungkin agan secara gk langsung bandingin Mio-J dengan vartech. Emang gak lawan gan, kan beda segmen.

      Ya kalau emang tu Mio-J gak nyaman bukan karena gagal produk, maka jawabannya adalah Mio-J gk cocok dengan agan. Tapi kalo karena gagal produk, maka klaim garansi jawabannya..

      Delete
  28. Replies
    1. makasi agan ikhsan noor udah kesasar ke sini

      Delete
  29. Mio j parah,baru 1thn mesin gk ada kompresi+indikator mesin ngedip-ngedip(lampu orange dispido) motir BERES ditanya kenapa gk ada kompresi jwbannya jauh kemn-mn!!!!!!!!! Kebykan yg make motor??????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar brooo... mungkin bisa dibawa ke bengkel yang menangani klaim langsung. biasanya di pusatnya alias sentral

      Delete
  30. mio j mah berat kalo beat fi enteng dan nyaman

    ReplyDelete
  31. bro bro semuanya bukannya sombong ane pernah punya kedua motor tsb.
    dari segi kenyamanan menang Honda, desain memang kalah tp soal kenyamanan dan kehebatan mesin masih menang beat . .
    Tanya az sama showroom yg jual metic bekas pasti Honda lbih mahal di jamin ane jual mio jatuh bgt harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan sifat konsumen indonesia ntu memang kalo beli pasti dengan pertimbangan harga jual kembali

      Delete
  32. Duh ane dah terlanjur ngutang mio j :(
    Emang sih shock keras,gk enak klo di jalan rusak
    Tapi kalo irit emang bner nih irit :)

    ReplyDelete
  33. motor yamaha desainnya kereeenn, honda setengah keren setengah culun, kalo suzuki,,,maaf ancur2an desainnya ( coba aku diajak jd team desainnya ), nah yg ini motor sportnya yg keren2 pasti kawasaki

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling keren tetep yang komen doooong

      Delete
  34. ya sich, mio j keras...aku beli baru....ku pake dua minggu.....agak kurang nyaman, untuk di jakarta yang sering macet, jalan banyak lubang, polisi tidur.......jadi bergetar dan keras dipakenya, gak empukkkkkk.......riweh banget kalau ada jalan rusak atau lubang,

    ReplyDelete
    Replies
    1. imho, yamaha memang setelan shock breaker agak sedikit lebih keras dibanding honda. ini bertujuan agar lebih stabil pada kecepatan tinggi

      Delete
    2. emang bawa motor selamanya harus ngebut yah......kan kondisi jalan beda-beda.....masa bawa motor harus kencang kayak marc marques........ hehehehe salam

      Delete
  35. Belum pernah pake matic merk manapun khususnya Beat FI jadi soal peforma n kenyamanan baru tau dari pemakainya, tapi jujur saja sekarang minat saya untuk memiliki Beat FI ini makin kuat, bukan karena ikut2an. Desainnya benar-benar membuat saya tertarik. Itu saja sudah cukup, soal performa mesin Honda memang tak usah diragukan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik bet fi maupun mio j pasti punya standar yang tinggi dalam produk. keduanya produksi jepang dan sudah tidak diragukan lagi brand nya. namun masalah desain memang relatif tiap potensial buyer. pilihan terakhir tentunya pada konsumen.

      Delete
  36. Tx info infonya...jd lbh mantap utk ambil beat kayanya niih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sis... informasi yang saya dapat juga dari pendapat para pembaca. saya hanya mengumpulkan informasi saja

      Delete
  37. Tlg info donk. Kabarnya kl motor matic boros di aki. Gmn caranya spy aki nya awet??? Mohon tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal tersebut relatif. tergantug perawatan. asal rajin cek air aki (jika tipe basah) dan pemanasan motor pada saat pagi hari itu sudah cukup

      Delete
  38. bisa jadi karena bintang iklannya Agnes monica jadi orang pada pengen beli honda beat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan saja bro... penggemar doi kan buanyak

      Delete
  39. Waduh blognya menginspirasi sekali terimakasih mas

    ReplyDelete
  40. Orang goblok tau nya honda doank,ky hp tau nya samsung doank

    ReplyDelete
    Replies
    1. fanatik yamaha ya ato salesnya yamaha atau bekerja di pabrik yamaha bisa jadi fansnya rosso, atau terkesima ma warna biru yang monopoli acara motogp di TV katanya semakin di depan hadewwwhhhh penjualan anjlok. Takut lebih anjlok hingga host motogp di TV mengatakan "sekarang juara motogp lebih berwarna ada suzuki ada ducati ada yamaha..." HONDA NGGAK DISEBUUTTT... ha ha ha nggak ngaruh pada penjualan mas bro...

      Delete

Mari Berbagi di Kolom Komentar (Semua Bebas Berpendapat)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...