Friday, July 5, 2013

(Pool) Kenapa Honda CS1 Kurang Diminati?



Salah satu motor penomenal racikan pabrik sayap ngepak ini memang selalu syarat dengan kontroversi. Dari pro hingga kontra, dari yang bilang ihir sampai mencibir, dan dari yang memuja dan tak sedikit pula yang menghina justru membuat keberadaan motor bebek sport ini eksis hingga sekarang. Meski angka penjualan tidak menunjukkan gejala prospektif bahkan cenderung tanpa profit, namun produsen tetap saja mempertahankan produksinya. Segala macam pertimbangan tentu telah digodoknya masak-masak.

Desain yang dirasa amat sangat out of the box alias nyentrik bin ekstrim dan gak masuk selera umumnya biker Indonesia disinyalir menjadi penghambat popularitas motor 125 CC tersebut. Namun siapa sangka jika desain tersebut justru lahir dari seniman lokal yang tentunya lebih mengerti selera pasar. Itu mungkin yang menjadi satu alasan Honda masih mempertahankan varian yang lazim disebut City Sport itu.

Jika berbicara masalah performa, motor bebek bermesin tegak itu tidak lah kalah dan tak boleh dianggap remeh oleh kompetitor sekelasnya. Ini lah yang membuat fans CS1 kesengsem dan tidak bisa pindah ke lain hati. Meski kubikasi mesin berada pada level terendah dalam kategori bebek sport, namun tak ada sedikitpun ciut nyali untuk adu sakti. Speedometer digital yang disematkan pun semakin menambah aura racy yang modern. Ditambah pula fitur2 lain yang tak kalah kompetitif dibanding produk dari pabrikan-pabrikan sebelah.


Namun kenapa CS1 kalah populer dengan kompetitor nya semisal Jupiter MX atau Satria FU? Apakah Honda perlu merevisi gacoannya tersebut hingga mampu melawan popularitas kompetitor? Atau CS1 akhirnya akan diskontinyu? Atau mungkin Honda akan melahirkan produk baru pengganti CS1 yang lebih advance dan diterima masyarakat? Kita tunggu manuver Honda di segmen bebek sport selanjutnya. Kemudian, perkenankan saya mengajukan sebuah pertanyaan yang masih membuat saya bimbang bin galau. Ini mungin juga sempat membuat galau para pemirsa sekalian. Dengan segala kelebihannya, kenapa Honda CS1 kurang diminati? Monggo dipilih jawaban yang paling sreg dihati. Sebelumnya makasi buanyak atas partisipasi agan2 semua.

Quizzes by Quibblo.com



advertisement
-->

32 comments:

  1. motor gak payuuu, buang nang kalen wae

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngomong aja kepingin tapi gak kebeli cung...

      Delete
    2. nah itu dia gan, hasil poling ini semoga bisa sedikit menjadi pencerahan kontroversi motor tsb

      Delete
    3. Yang second murah loh, tapi ane bosen karena
      - spare part inden, apalagi kalau spare partnya musti ambil dari thailand (partnya sebagian made in thailand), kalo ini pinter pinter milih ahass, kalo dapet yang cuek, inden tinggallah inden.

      - bengkel pada males kalo servis nih motor.
      kalo ane ke bengkel minta servis yang pake bongkar body (cuci karbu/setting klep misalnya), mereka angkat tangan. ane sendiri deh yang bongkar motor di tuh bengkel.

      - kurang nyaman karena jok tipis, sokbeker cenderung keras. ditebelin busa jok, motor jadi terlalu tinggi, padahal jarak mesin ketanah pendek, footstep sering nyangkut kalo miring, mesin juga sering nyangkut kalo lewat poldur.

      - bagasi kecil, ribet nih kalo mau bawa barang.

      - walau headlamp dual keen, tapi penerangan ke jalan masih kurang.

      - ini motor bobotnya lumayan berat,

      Itu aja sih.
      Kalo baru emang dirasa mahal, 125cc sokbeker depan masih bebek,tapi harga mendekati 150cc ayam jago dohc.
      Mungkin akan lain ceritanya kalo desainnya masih pure Sonic.

      Delete
    4. sip gan, mantaf curhatnya.. hehe

      yang ane heran, bisa2 nya buka motor sendiri di bengkel ahass???

      Delete
  2. sbnrnya desain motornya saya suka, tenaganya jg lumayan maknyus meski 125cc tp bs meladeni yg 135cc bahkan yg 150cc. top speed yg pernah sy capai ketika naik motor ini bs tembus 123an kpj wajarlah krn mesin turunan sonic yg dr sononya memang udah mantap.
    tp yg bikin ciut nyali adlh faktor pasarannya dmn pas belinya mahal tp harga jualnya anjlog banget.. gak kayak saudaranya sesama honda misal supra atau vario. bukti penerimaan rakyat kurang. Baiknya honda naikan saja kubikasi mesinnya jd 150cc pakai mesinnya cb150.. trus di tambahin fitur mantap lainnya kayak injeksi dsb trus harga dinaikkan biar prestise mendekati satria fu... dijamin gempor tuh penjualan satria.
    bodynya mantap kok tp klo mau diubah lg bikin jd makin joss... masalah power wow.. smpai TNI aja percaya dan menjadikan cs1 salah satu kendaraan operasionalnya. bukti kalau powernya top padahal tentara itu punya standar tinggi lho untuk transportasi dan sgalanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ces cess ceeeesssss ya bro larinya...

      Delete
    2. juwos brooo, semoga didengar RnD nya AHM agar persaingan segmen motor ini jadi lebih hidup

      Delete
  3. menurut ane, jadikan sebagai motor sport sekaligus, gak usah nanggung
    tangki bensin tetep di bawah jok, tapi kapasitas paling tidak 5 liter, trus bagasi di depan kalo perlu helm in. tidak perlu rubah rangka banyak kan, cukup ganti bodi depan model sport naked. mesin sudah oke

    ReplyDelete
    Replies
    1. bole juga, tapi masih terlalu ekstrim gak tu bro? jangan2 ntar kurang diterima masyarakat lagih..

      Delete
  4. kayak domba garut.. gw pake CE nya aja buat vixion ane hehehe

    mampir ya gan..
    http://iwakcumi.blogspot.com/2013/07/sirkuit-sachsenring-jerman.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantaf dong gan. srudukannya.. hehe

      #desainiturelatif

      Delete
  5. soal mesin sih ga masalah, cuma bentuknya saja tidak selera orang indonesia

    ReplyDelete
  6. motor di proyek saya cs1, kondisi fisiknya udah lumayan babak belur, tapi saya demen makainya. kalo kata sebagian tukang2 saya motor itu lemot karena rata2 dari mereka pakainya motor2 spt jup mx yang beda karakternya, tapi justru kalo saya yang pake nggak bisa jalan pelan. bawaan nya pingin lari mulu. memang mesin overbore cs1 benar2 galak di putaran atas

    ReplyDelete
  7. kapasitas mesin dibawah MX tapi harga jual setara FU. walaupun itu dulu tapi tetep aja itu kekurangannya menurutku. jadi orang lebih suka beli MX kalo mau harga murah, toh cc lebih gede 10cc. sedangkan kalo mau mesin yang lebih mantap mending beli FU, harga beda tipis tapi mesih 150cc

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari segi harga nanggung, dari sisi desain jg ditengah2 ya bro

      Delete
  8. desain yang nanggung jadi blunder AHM dalam mendesain ni motor...tpi sperti yg pernah sya baca desain asli CS1 tidak sperti yg di produksi sekarang, garis2nya lebih tegas......sayangnya ga di bekalin shock depan teleskopik jadi terkesan nanggung...meskipun mesinnya sangar tapi pembeli pasti melihat desainnya dulu sebagai impresi awal apakah mereka akan membeli motor ini ato ga....sebaiknya AHM suntik mati ni motor dan ganti desain yg pasti....jadi ayam jago..apa jadi bebek

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuja bro.. mayor facelift juga bisa jadi opsi pabrikan sayap ngepak

      Delete
  9. dah diganti verza 150 kali ya?? soalnya dari harga hampir sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. bolejadi...

      trus motor penomenal ini dikebiri? jangan dong gan.. mending difacelift lagi aja cs1 nya

      Delete
  10. menurut pendapat ane cukup di pakein stang jepit trus indikator speedo nempel di batok cover headlamp sama kapasitas stroke naik jd 52 atau di buletin jadi 135cc jg udah cukup buat ngelawan pangsa pasar produk pabrikan sebelah..
    trus engine mounting dibuat agak lebih tinggi
    supaya undercowl ga gasruk poldur sama bentuk body belakang agak sedikit nungging supaya lebih racy trus as shock depan di gedein 2mm biar lebih rigid di tikungan cepat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk basic cover body secara keseluruhan gak ada masalah ya bro??

      Delete
  11. Penampilan tergantung selera, klo menurut aq CS 1 dah keren c. Masalah shock depan nya kurang mantaph!!

    ReplyDelete
  12. tampilan keseluruhan udah oke, bagian tengah kebelakang udah sempurna, lebih oke kalo shock depan gede + stang jepit warna item kaya new cbr. bikin full garpu tapi jangan kayak ayago, batok lampu tetep nempel di body mirip cbr. spion di visor. ban std digedein. arm jangan miring karena banyak owner cs1 yg ban belakangnya ga lurus. radiator jangan bocor. ada spakbor kolong buatan pabrik.lampu juga harus lebih terang.performa utk 125cc udah mumpuni kok, dibikin 150 juga oke biar ga nanggung.tangki di depan min 5 liter. bawah jok bagasi kecil aja karena kalo dibikin helm-in pasti gendut jadi jelek paling ngga buat jas ujan. jarak terendah ketanah terlalu pendek kalo bisa ditinggiin. terus yang paling penting untuk urusan bongkar body dibuat jadi mudah, karena selama saya pake cs1, saya ga berani bawa ke bengkel yang sembarangan karena takut ga bisa bongkar body nya. kadang mekanik ahass juga ada yg gak bisa. terus monoshock kalau bisa adjustable.spek mesin dibikin kayak sonic thailand aja jangan dirubah. jok dibikin agak tebel. menurut saya sih gitu aja, semoga ahm denger, kalo cs1 spek begini harga 20an pasti banyak yg minat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mau nambahin lagi bro, velg nya dibikin palang 5 aja biar keliatan lebih padet, terus jarak antara spakbor depan dgn batok lampu nya kedeketan, kurang tinggi. harusnya dibikin lebih tinggi jadi keliatan kayak campuran motor trail, sport & adventure pasti makin mantap. terus stop lamp nya kalo dibikin pake lampu led kayak tiger gitu keren ya.yg terakhir mungkin karena cs1 dominan sudut sudutnya lancip kaku gitu jadi muffler juga disesuain sama bentuk motornya jangan bulat bro, dibikin agak gepeng terus 2 lubang atas bawah keren juga hehe.

      Delete
    2. mantaf bro angan2nya... tapi imho keknya banderol jadi nglebihin motor sport entry level deh ntar.. trus masuk ke segmen mana ni motor ntar??

      Delete
  13. Bagusny mnurut ane cukup ganti sok dpn kyk motor cbr+stang jepit..spidometer miripin aj kyk satria fu
    sayap bagian bawah digabungkan ama syp2 yg bagian atas agr lebih berisi,,
    knalpot ganti suara kyk vixion,,tp bntuk mirip mtor bison.(liat contoh satria fu,,ad ciri khasny kan.)
    cukup buat ngancurin pasaran yamaha am suzuki..
    lirik pasaran anak2 muda trutama SMA and Mahasiswa..
    pasti pd ganti smwa motor ini>>

    kalo honda lebih tangap am pasarannya yg dituju pasti bisa`
    tambahan anak muda zaman skrg lebih mementingkan gaya dan kecepatn,,baru yg lainnya..
    soal harga bisa 19an..,,diatas mx dibawah FU
    tetapi mesin jangan 125 ganti menjadi 150 atau 135..
    dijamin org bayak yg beli motor ini..
    spakbord depan ganti yg lebih berisi,,
    gaya motor kota,ala eropa..
    cakram tiru kawasaki athlete bermotif..kalo mesin 150 tambah kecepatan menjadi 6 sped..and tank buat jd 5 atau 6,,otomatis body blkang lebih besar sedikit,,tapi lebih mantab dan berisi,,sesuai dgn body bagian dpnnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tuhan, semoga pihak AHM ada yang baca komeng bro @GANDA BHAKTI ini

      Delete
  14. biar tampangnya kurang meyakinkan. tapi kalo uadah dikebut waaaaaah...... remnya gak ketahan. gw dah buktiin baru lari 70 pas direm malah terus nyelonong. ni motor kayaknya bukan 125cc tapi 150cc kaya megapro

    ReplyDelete

Mari Berbagi di Kolom Komentar (Semua Bebas Berpendapat)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...