Friday, July 19, 2013

(Polling) Apa Momok Terbesar Motor Injeksi?



FI atau kependekan dari Fuel Injection. Sebuah teknologi terbaru pengganti karburator pada mesin kendaraan bermotor. Teknologi karbu yang konvensional tergantikan oleh inovasi serba otomatis ala injeksi. Perbedaan konsep menjadikan teknologi ini sempat tersendat pertumbuhannya. Namun sekarang, entah karena regulasi atau masyarakat yang sudah melek teknologi, menjadikan perkembangan FI seolah tak terhenti. Meskipun begitu bukan berarti evolusi ini tak menyisakan ganjalan di sana sini. Beberapa kalangan masyarakat sepertinya masih belum ‘siap’ menyongsong era injeksi. Masih ada beberapa ganjalan yang membuat galau di hati. Apa itu?


Khalayak sudah terbiasa dengan karburator sebagai alat penyuplai bahan bakar kendaraan mereka, namun kini seolah ‘dipaksa’ untuk menggantikannya dengan alat baru bernama Fuel Injection. Tentu ‘penolakan’ akan muncul sebagai efek dari ‘pemaksaan’. Yang belum terlalu ngerti membuat spekulasi sendiri tentang teknologi ini. Yang sudah mengerti dan mengalami pun tak kalah memberikan opini. Dan tak ketinggalan yang tak tahu sama sekali ikut terseret ke ‘pengertian’ yang belum benar pasti. Sehingga muncul beberapa pernyataan yang mengisyaratkan keberatan/ketakutan/rasa was-was mereka terhadap mesin dengan teknologi injeksi.

Berikut akan saya share beberapa pernyataan masyarakat tersebut pada sebuah polling. Mari kita telaah kemudian kita tentukan pilihan sesuai yang ada di fikiran dan hati. Dari beberapa pernyataan berikut, sebenarnya mana sih yang paling menjadi momok bagi masyarakat akan motor injeksi? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak atas kehadiran dan partisipasinya.

Quizzes by Quibblo.com

Advertisement

25 comments:

  1. 1. kalau mogok pie jal?? ya klo dkt BERES,lha kl malem??
    2. brarti kl servis cm gnt oli sm bersihin filter?
    tuh mekanik belagak cek pk laptop tp kl normal smua y cm pantes2 doank kan? kn katanya injeksi minim perawatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo malem dideket kuburan, ujan gerimis, agak bau amis.... hiiii lari aja gan... hehehe

      ya memang low maintenance ni teknologi gan... tu laptop cuma buat record penggunaan ama setting ECU aja gan.. cmiiw

      Delete
    2. Tapi untuk mogok me mogok,,saya rasa ane belum ngerasaain.karena ane punya motor injeksi HSPX125fi tahun 2005.masih cling.cuma pernah mogok karena akinya tepar..tapi meski aki tepar, dikick starter tetap bisa.
      Yang penting baca buku petunjuk, service rutin, Ganti oli rutin, gak akan mogok dah tu motor, karena motor juga pengen disayang.hehehehe...

      Delete
    3. tu kan gan... motor injeksi juga aweeet
      gak perlu parno alias paranoid lah.. hehe

      Delete
  2. sumpah ni motor kalo yang make orang ndeso, di pedalaman, profesinya ngarit/angon, bakalan cepet jebol dah.. dan mereka (komunitasnya lumayan banyak) pikir = "teknologi baru nan canggih kok gampang bodol (rusak)..
    PIYE JAL?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya bisa jadi kang.. Memang kebanyakan orang pedalaman biasanya gak terlalu rawat dengan motornya, namun tak sedikit pula yg rumat lho kang.

      namun kondisi seperti ini wajib dipahami oleh pabrikan. teknologi injeksi harus "easy maintenance" di perkotaan maupun di pedesaan. mbuh karepmu piye carane.. hehehe

      Delete
  3. Alat buat setingnya mahal, dan ecu yang standart pasti di lock

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, saat ini hal tersebut memang menjadi suatu kendala bagi rider yang doyan korek motor tapi tibnggal di daerah yang jauh dari jaringan bengkel resmi.
      meskipun dekat dengan beres keknya memang setingan yg fixed tidak bakalan dirubah kalo gak urgent bro..

      tapi setidaknya ada solusi untuk perawatan berkala spt dengan penggunaan carbon cleaner.
      tidak usah pake seting2an dulu aja lah.. hehe

      Delete
  4. yang jelas injeksi gak boleh minum premium....gak percaya??? cukup soul gt-ku yg jadi buktinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok iso bro?? premium oplosan kali yang dicekokin ke GT nya.. hehe

      Delete
  5. artikel yang menarik
    lam kenal dr newbie gan

    http://pucukpucuk.blogspot.com/2013/07/koleksi-software-pc.html

    ReplyDelete
  6. tapi kalo soal harga udah gak mahal contoh throtlle body vixion cuma 465 ribu plus injectionnya 115 sekitar 585 ribu dah komplit baru, bandingklan sama karburator tiger baru 1,8 juta gimanaaaa??mahal mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan. sebenernya kalo pada aware sih perawatan motor Injeksi itu mudah dan murah.

      Delete
    2. tapi karburator tiger kan gak beli 1 glondong masbro dan sangat jarang rusak bro.ada diganti cuma isinya. semua ada plus minusnya

      Delete
    3. iya sih bro... tapi apa gak rada susah tuh sparepart tiger di banding motor injeksi?? cmiiw

      Delete
    4. lagian tiger kan mw injeksi.. hehe

      Delete
  7. kalo di rawat baik baik mah bakal beres ko ^^

    ReplyDelete
  8. dirawat yang baik dan service rutin

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, mw model apa motor kita asal perawatan baik pasti aweeet

      Delete
  9. klo di jagang trus jatuh gimana mas bro.. matek tuh motor harus ke bengkel resmi tarip 550 ribu .. apes mu nak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa iya sih bro bisa langsung matek trus pasti kena tarif segituh??

      Delete
  10. bro fi bner2 sensinsitif ya,masa vario 125 nyebrang kali lngsung mati,itu gmna mas bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah ente nyebrangnya pake apa bro?? perahu apa langsung nyebur?? kalo nyebur ya matek lah broo... untung aj ente masi selamat. wkwkwk
      hehe... #ane mikirnya kali itu segede kali ciluwung.

      Delete

Mari Berbagi di Kolom Komentar (Semua Bebas Berpendapat)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...