Friday, September 6, 2013

(Result) Desain CS1 Tidak Disukai Masyarakat


Well, saatnya membuka hasil polling tentang Honda CS1. Memang motor ini tidak terlalu bersinar di blantika roda 2 Indonesia, namun selalu saja menyita waktu untuk diperbincangkan. Mulai dari performa mesin, model, hingga desainnya yang sangat fenomenal. Akhir-akhir ini CS1 tidak menunjukkan angka penjualan, bahkan bisa dibilang penjualan CRV lebih moncer dibanding motor bebek sport Honda itu. Baik, tak usah berpanjang lebar, mari kita durennya. Cekidot bro...
hasil polling Honda CS 1

Silaken dilihat grafik hasil polling nya bro. Ini adalah hasil pollling dari 141 kepala (lumayan lah untuk ukuran blogger ceng-ceng po). Setidaknya saya telah mendapat lebih dari 100 pendapat orang tentang Honda CS1. Pertanyaan yang telah saya ajukan “Kenapa Honda CS1 kurang diminati?” mendapat jawaban terbanyak yakni “Karena Desain Terlalu Ekstrim”. Yup, memang lagi-lagi masalah desain. 38% dari responden berpendapat seperti itu. Orang indonesia memang ‘lumayan’ memprioritaskan tampilan. Pokoke nek keren bin mentereng langsung ndang gage inden.

Meski desainer Honda CS1 konon adalah anak negeri, namun ternyata belum mampu meluluhkan selera pribumi hingga kini. Desain yang out of the box dan super nyleneh sangat terlihat dari aura motor bebek 125 CC itu. Memang sih biker lover Indonesia suka dengan hal nyleneh bin ekstrim. Lihat saja hasil modifikator roda 2 indonesia yang bisa dibilang nyleneh tapi aduhai. Namun IMHO, bukan basic desain ekstrim nan nyleneh yang mereka inginkan. Basic desain yang tampil sedikit maskulin namun elegan lah yang sangat mereka indamkan
 
Kemudian muncul jawaban kedua yakni “desain ayago yang naggung”. Yup, again ‘the look’. Lihat desain kompetitor the king of ayago “satri FU” yang begitu laris manis bahkan sebagai penyumbang no 1 volume penjualan suzuki motor indonesia. Itu lah desain ayago yang sedang digandrungi masyarakat. Mengapa Honda justru keluar terlalu jauh dari basic desain ayago jika memang segmen itu yang mereka bidik? Takut dituduh plagiat? Atau masih males menggarap segmen motor ini? Saya yakin jika desain Honda CS 1 pure ayago, maka penjualan jauh akan lebih baik dibanding sekarang.


Lalu, top 3 berikutnya adalah sparepart yang jarang dipasar menurut 10% responden membuat Honda CS 1 kurang diminati masyarakat. Hmm, populasi city sport honda ini di Indonesia bisa dibilang limited alias lumayan jarang, tak ada untungnya menyetok sparepartsnya di bengkel resmi. Kalaupun ada pasti tidak selengkap sparepart BeaT. Ya to?

Las, Suggest apa buat Honda? Sudah bauanyak para pengamat otomotif indonesia menyarankan merubah desain Honda CS1 itu. Dan memang itulah yang perlu dilakukan pabrikan sayap merah. Sudahlah, gak perlu bikin trendsetter kalau malah akhirnya jadi bunuh diri. Maksimalkan saja momen yang ada jika memang masih memperhitungkan volume penjualan.
Advertisement

10 comments:

  1. iya tuh AHM kagak manut ama para pengamat sih

    ReplyDelete
  2. bkannya cs1 cuma 125 sese gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya gan... maaf khilaf gan. segera dikoreksi

      Delete
  3. keknya CS1 125cc (gak 5 pistun) deh bro...

    tul CS1 serba nanggung, dia pengen sporty (ayago) tp ceritanya dengan ergonomi yg lebih baik (nyaman)...
    tujuannya sih dapat, tapi ya jadi nyeleneh..akibatnya, gak semua org suka, alias jadi item pelengkap doang.

    http://kobayogastea.blogspot.com/2013/09/tes-baby-shiro-z-ala-chef-iwbjozzz.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro sudah dikoreksi

      memang niat baik tak selalu heppy ending ya bro...

      Delete
  4. body CS1 terlalu nanggung

    http://otoradians.blogspot.com/2013/09/arti-huruf-depan-sebuah-nama.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang namanya nanggung itu memang kagak nyaman..

      #laginanggungniiih

      Delete
  5. ceeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeees. Karena Ces wan terlalu kencang untuk dimiliki. ceeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeees

    ReplyDelete

Mari Berbagi di Kolom Komentar (Semua Bebas Berpendapat)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...