Thursday, July 18, 2013

(Result) Harga Yang Realistis Untuk R15


Meskipun sebagai varian terendah dari type R-series dari Yamaha Motor, namun R15 masih saja menjadi dambaan biker dimanapun dia berada. Tak terkecuali para pecinta motor sport tanah air yang selalu mempertanyakan kapan si fairing 150CC itu dijajakan di Indonesia. Hingga kini rumor semakin menggila dan akhirnya muncul rumor bahwa R15 akan menghiasi display di showroom-showroom Yamaha. Itulah yang menjadi dasar artikel polling saya terdahulu untuk mencari tahu gagasan para biker tentang harga yang pantas dibanderol untuk R15 di Indonesia ‘nanti’. Dan inilah hasil yang saya peroleh.



Sebulan lamanya papan polling tersebut nangkring di halaman post blog saya ini. Dan alhamdulillah telah masuk data dari responden sebanyak 95 orang (terimakasih agan-agan). Berapapun data yang masuk dan apapun hasilnya, kewajiban saya untuk menampilkan kepada para hadirin. Dan hasilnya adalah, Cekidot gambar hasil grafiknya di bawah!



Para responden memberikan suara terbanyak untuk harga R15 jika dijual di Indonesia nanti dengan banderol 25 Jt – 30 Jt. Cukup signifikan dengan persentase 65% dari semua data yang masuk. Sesuai alasan yang saya tempel pada opsi jawaban yakni, pada rentang nominal tersebut dimaksutkan agar si fairing tidak menciderai value sang giant killer aka NVL. Yup, dikarenakan memang mesin yang dicangkokkan pada kedua jaran wesi tak ada beda, maka disinyalir jika rentang harga yang ditawarkan terlampau jauh akan kurang etis dan strategis. Makna tersirat juga menjelaskan bahwa responden ‘memperhatikan’ eksistensi dari NVL yang memang disadari atau tidak merupakan produk andalan pabrikan garputala.

Jawaban lain yang cukup ‘terlihat’ yakni banderol pada range 21 Jt – 25 Jt yang mampu menorehkan angka 28% dari seluruh jumlah responden. Yup, pada rentang tersebut menggambarkan bahwa para responden tidak peduli akan keberadaan New Vixion, pokoke jual motor jangan mahal-mahal. Sedang kaum minoritas dari responden menganggap rentang harga 30 Jt – 40 Jt masih pantas untuk si full fairing. Dan tentu alasan eksklusifitas dan profit menjadi pertimbangan utamanya.

Last, harga yang diajukan sebagian biker masih sangat realistis. Diatas 25 juta namun jangan sampai menyentuh angka 30 jeti. Memang ini sepertinya rentang yang ideal untuk banderol R15 ‘nanti’. Tidak terlalu mahal, eksklusifitas dapet, profit masih masuk, dan yang tak kalah penting NVL tidak terganggu keberadaanya. So, bagaimana jika R15 ‘nanti’ dihargai 25Jt – 30Jt bro sis??
Advertisement

6 comments:

  1. 25 pas lah.tenaga juga cuma 17 ps sohc. susah untuk dioprek lebih lanjut dan gak brani turun disirkuit resmi

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari sisi desain ngalahin yg ps nya gede2 lho gan.. hehe

      Delete
    2. desain relatif mabroo.dan penilaian desain cuma komentator indonesia yang isinya FB FB buta. jangan ketipu desain contohlah si duke cuma karena desain dijual mahal dan kabar banyak permasalahan.

      Delete
    3. iyap gan memang desain itu sangat relatif.. tapi 'cost' yang dipake buat menunjang 'desain' R15 imho lebih mahal dibanding kompetitor yg dimaksut

      Delete

Mari Berbagi di Kolom Komentar (Semua Bebas Berpendapat)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...