Saturday, June 1, 2013

(Result) Vario 125 Unggul Telak Atas Xeon-RC

Well, polling pernah ane gelar di lapak ane ini tentang komparasi 2 produk skutik premium dari pabrikan yang berseberangan. Vario 125 saya tabrakkan langsung dengan Xeon-RC melalui sebuah polling kecil-kecilan. Berbagai sisi, segi, sudut, maupun persepsi ane perbanding antara dua produk unggulan itu. Terhitung dari tampilan, harga, hingga fitur ane compare disana. Dan jika dilihat hasil survei dengan 155 responden ini (terimakasih brosis semua), tak ada satu kategori pun yang menampilkan keunggulan Xeon-RC atas Vario. Justru kebanyakan responden menganggap Vario 125 menang segalanya atas Xeon-RC. Cekidot bro..
hasil survei vario 125 vs xeon rc 1
Dari sisi desain terlihat Vario unggul dengan 67% suara. Cukup signifikan dengan 37%. Ternyata kabanyakan orang menilai desain/model Vario 125 lebih bagus dari Xeon-RC. Untuk konsumsi BBM, para responden pun sepakat jika Vario 125 lebih irit dibanding Xeon-RC. Ini ditunjukkan oleh grafik dengan pautan angka 58%. Walaupun tidak ada data pembanding yang real seperti hasil test konsumsi BBM dari kedua produk, namun kebanyakan orang masih lebih percaya dengan keiiritan produk Honda dibanding Yamaha itu. Kemudian, dari sisi warna dan striping. Kita tahu keduanya menganut faham yang berbeda dalam hal grafis. Dan ternyata kebanyakan responden tidak suka dengan warna dan striping Xeon-RC yang cenderung kontras dan menyolok. Warna kalem dan tidak neko-neko masih menjadi pakem di mata masyarakat.
hasil survei vario 125 vs xeon rc2
Menginjak ke masalah harga. Baik harga beli maupun harga jual kembali (2nd), Vario FI masih diunggulkan oleh responden ketimbang Xeon FI. Honda memang terkenal dengan harga 2nd yang tinggi. Itu terbukti dengan jomplangnya grafik dari kedua produk ini untuk compiring harga 2nd. Untuk kenyamanan berkendara, Vario FI lagi-lagi mendapat suara lebih banyak. Meski tidak terlalu signifikan, namun sepertinya body yang lebih besar lah yang membuat responden menilai demikian. Sedang dari segi perawatan ternyata Xeon-RC tidak bisa mengungguli Vario 125. Meski persepsi kebanyakan orang tentang Injeksi dari kedua kubu masih mengunggulkan Yamaha daripada Honda, namun pabrikan sayap ngepak tidak punya rapor merah tentang injeksi.
hasil survei vario 125 vs xeon rc 3
Dari sisi mesin responden pun lebih mengunggulkan Vario injeksi. Meski Xeon-RC mengusung teknologi balap (diasil silinder & forged piston), masyarakat belum menilai itu lebih baik dari mesin kompetitor. Kalau masalah fitur sepertinya tidak perlu diragukan lagi, terlihat pada grafik 81% vs 19% untuk keunggulan Vario 125. Yup, doi memang lebih kaya fitur dibanding produk seteru. Lihat saja fitur rem, starter, hingga ISS. Itu sudah lebih dari cukup untuk mengungguli Xeon-RC di segi fitur. Lebih tragis lagi jika keduanya dibandingkan pada sisi reputasi dan popularitas. Sangat telak hingga terpaut 70% suara untuk kemenangan Vario 125. Kita tahu, Honda memang brand yang sangat kuat meski dicompare dengan Yamaha sekalipun. Dominasi Vario 125 pada populasi skutik level 125 CC pun menjadikan Vario 125 lebih populer ketimbang Xeon-RC.

Last, entah Anda mengatakan ini survei mainan atau apa, yang jelas tabir antara kedua produk head to head telah sedikit terintip. Yah, meski dengan segala keterbatasan namun sekiranya dapat menjadi sedikit pencerahan bagi kita semua. Terimakasih sekali lagi atas partisipasinya. Vario 125 lebih bagus segala-galanya atas Xeon-RC? Bagaimana menurut Anda?
Advertisement
-->

20 comments:

  1. "Justru kebanyakan responden menganggap Vario 125 menang segalanya atas Xeon-RC"

    jadi maksudnya tulisan di atas sebenarnya xeon rc lebih unggul gitu??

    judul sama isi kok tabrakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksut ane hanya pemilihan kata untuk penekanan saja bro. maaf kalo memang salah.
      maklum, blogger penggembira masih harus banyak belajar. makasih sentilannya bro.
      mampir2 lagiya bro

      Delete
  2. orang yang tidak buta merek pun dah tau klo vario 125 lebih value dengan segala fitur fiturnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro, tapi suatu opini kudu didukung fakta kek polling gini. imho

      Delete
  3. market juga udah embuktikan kok


    http://sarungjokcooltech.wordpress.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari segi market terbukti, dari segi poling terbukti. sudah lengkap ya bro...

      Delete
  4. kesihan ya yamaha. udah susah2 ngerombak xeon tetep aja gak mempan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yamaha pasti punya strategi sendiri bro..

      ilmu pelet atau santet bisa jadi opsi... hehe

      Delete
  5. dilihat di jalanan vario 125 banyak banget bro,,,,itu sudah membuktikan,,,,,sedangkan xeon rc jarang banget mungkin 1:10 padahal brojolnya udah hampir 6 blan,,,,,,,xeon rc sama aja dengan matik yamaha yang lain, tidak ada kesan mewahnya,,,,orang2 pada berfikir ulang untk ngeluarin 15 jtan hanya untuk membeli xeon rc,,,,,,malahan klo menurut sya jauh lebih mewah vario 110 cw

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, so vario 125 lebih populer dibanding xeon-rc.
      dan kepopuleran suatu produk bisa berpengaruh pada kemoncerannya pada penjualan. imho

      Delete
  6. salah yamaha sih, dulu waktu xeon karbu gak ada lawan, jual mahal. Pas Vario 125 keluar dengan harga bersaing & fitur lebih banyak, xeon keliatan jadul & overpriced. Sekarang yamaha keluarin xeon injeksi, tapi kesan jadul & miskin fitur masih melekat di motornya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya YAmaha ngeluarin Xeon yang lebih value daripada vario 125 ya bro

      Delete
  7. biasanya anak muda bandingin powernya akselerasi top speed diadu dijalanan.
    tp orang tua dan orang muda yg dewasa berpikir beli motor itu
    1. yg harga jualnya paling joss (ya honda)
    2. fitur safetynya paling mantap (ya honda)
    3. Imej irit aplg harga bbm naik (ya honda meski bnyak blogger independent sudah ngompare keiritan honda yamaha sekarang udah 11-12 alias sama, artinya yamaha juga gak kalah iritnya)
    4. desainnya maknyus dan warnanya elegan everlasting bs tahan lama tidak lekang oleh waktu tidak cepat bosan, contoh desain gl pro, honda grand, honda cb 100, honda c70 honda tiger lawas smp skrng masih bnyak yg cari dan berani bayar harga tinggi. Tp ente liat desain yamaha keliatan wow diawalnya keren serba runcing macam jupiter series warna mencolok mata tp cepet bosan. generasi vega jadul atau fizr jadul udah jd fosil tuh... gak bnyak orang yg kesengsem. satu2nya prestasi yamaha cuma rx king yg skrng mulai bnyak peminatnya, klo vixion malah selalu operasi plastik bentuknya jd kayak pesawat luar angkasa di film kartun pun tdk bertahan lama alias membosankan.
    5. motor yg mudah perawatan spare part bnyak smpe di bengkel kampungpun tersedia (ya honda) smpe ane liat sendiri motor yg mendistribusikan Kawasaki Genuine Part itu pake honda new megapro knpa kawasaki gak pake motor buatannya sendiri yah?macam ninja series atau klx?

    ReplyDelete
    Replies
    1. segmen matik ini memang buat yg sudah mature ya bro, jadi banyak pertimbangan yg dipikirkan sebelum meminang.

      Delete
    2. kecuali fasboy buta merek yang mengukur segala dari top speed. klo motor sport wajarlah . ini motor matic dimana kenyamanan dan safety yang utama. sampai saat ini pun ga ada matic yamaha di indonesia yang kasih fitur cbs. padahal klo saya belikan motor untuk istri fitur ini wajib ada. maklum sayang istri jangan sampai istri tercinta cium aspal gara gara ban ngesot. lebih baik istri cium saya.hehe

      Delete
    3. imho lebih kepada kesadaran diri untuk safety riding aja bro... pasti lebih 'selamat'

      Delete
  8. "Semua kecelakaan bisa dicegah bro and sis...., nah sekarang tinggal kita mau apa gak. Kalo diliat 2 merk ini kayaknya merk H lebih peduli keselamatan. Safety device merk H komplit. Coba bayangkan merk Y, dari iklannya aja dah ngajarin kita, anak dan cucu kita buat "Ngebut">>>> ya makin jauh dari selamat kan ???
    Beli motor buat kemana? Pasar ?, sekolah ?, rumah sakit ? opo kuburan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap brand punya strategi pemasaran masing-masing gan... tentu tiap strategi ada sisi bagus dan sebaliknya.

      Delete
  9. Replies
    1. memang sudah diakui di berbagai media gan.
      tapi sebenarnya keren tidak keren juga kembali ke selera sih.

      Delete

Mari Berbagi di Kolom Komentar (Semua Bebas Berpendapat)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...