FI
atau kependekan dari Fuel Injection. Sebuah teknologi terbaru pengganti
karburator pada mesin kendaraan bermotor. Teknologi karbu yang konvensional
tergantikan oleh inovasi serba otomatis ala injeksi. Perbedaan konsep menjadikan
teknologi ini sempat tersendat pertumbuhannya. Namun sekarang, entah karena
regulasi atau masyarakat yang sudah melek teknologi, menjadikan perkembangan FI
seolah tak terhenti. Meskipun begitu bukan berarti evolusi ini tak menyisakan
ganjalan di sana sini. Beberapa kalangan masyarakat sepertinya masih belum ‘siap’
menyongsong era injeksi. Masih ada beberapa ganjalan yang membuat galau di hati.
Apa itu?
Khalayak
sudah terbiasa dengan karburator sebagai alat penyuplai bahan bakar kendaraan
mereka, namun kini seolah ‘dipaksa’ untuk menggantikannya dengan alat baru
bernama Fuel Injection. Tentu ‘penolakan’ akan muncul sebagai efek dari ‘pemaksaan’.
Yang belum terlalu ngerti membuat spekulasi sendiri tentang teknologi ini. Yang
sudah mengerti dan mengalami pun tak kalah memberikan opini. Dan tak
ketinggalan yang tak tahu sama sekali ikut terseret ke ‘pengertian’ yang belum
benar pasti. Sehingga muncul beberapa pernyataan yang mengisyaratkan
keberatan/ketakutan/rasa was-was mereka terhadap mesin dengan teknologi
injeksi.
Berikut
akan saya share beberapa pernyataan masyarakat tersebut pada sebuah polling. Mari
kita telaah kemudian kita tentukan pilihan sesuai yang ada di fikiran dan hati.
Dari beberapa pernyataan berikut, sebenarnya mana sih yang paling menjadi momok
bagi masyarakat akan motor injeksi? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak
atas kehadiran dan partisipasinya.
1. kalau mogok pie jal?? ya klo dkt BERES,lha kl malem??
ReplyDelete2. brarti kl servis cm gnt oli sm bersihin filter?
tuh mekanik belagak cek pk laptop tp kl normal smua y cm pantes2 doank kan? kn katanya injeksi minim perawatan.
kalo malem dideket kuburan, ujan gerimis, agak bau amis.... hiiii lari aja gan... hehehe
Deleteya memang low maintenance ni teknologi gan... tu laptop cuma buat record penggunaan ama setting ECU aja gan.. cmiiw
Tapi untuk mogok me mogok,,saya rasa ane belum ngerasaain.karena ane punya motor injeksi HSPX125fi tahun 2005.masih cling.cuma pernah mogok karena akinya tepar..tapi meski aki tepar, dikick starter tetap bisa.
DeleteYang penting baca buku petunjuk, service rutin, Ganti oli rutin, gak akan mogok dah tu motor, karena motor juga pengen disayang.hehehehe...
tu kan gan... motor injeksi juga aweeet
Deletegak perlu parno alias paranoid lah.. hehe
sumpah ni motor kalo yang make orang ndeso, di pedalaman, profesinya ngarit/angon, bakalan cepet jebol dah.. dan mereka (komunitasnya lumayan banyak) pikir = "teknologi baru nan canggih kok gampang bodol (rusak)..
ReplyDeletePIYE JAL?
Wah iya bisa jadi kang.. Memang kebanyakan orang pedalaman biasanya gak terlalu rawat dengan motornya, namun tak sedikit pula yg rumat lho kang.
Deletenamun kondisi seperti ini wajib dipahami oleh pabrikan. teknologi injeksi harus "easy maintenance" di perkotaan maupun di pedesaan. mbuh karepmu piye carane.. hehehe
Alat buat setingnya mahal, dan ecu yang standart pasti di lock
ReplyDeleteyup, saat ini hal tersebut memang menjadi suatu kendala bagi rider yang doyan korek motor tapi tibnggal di daerah yang jauh dari jaringan bengkel resmi.
Deletemeskipun dekat dengan beres keknya memang setingan yg fixed tidak bakalan dirubah kalo gak urgent bro..
tapi setidaknya ada solusi untuk perawatan berkala spt dengan penggunaan carbon cleaner.
tidak usah pake seting2an dulu aja lah.. hehe
yang jelas injeksi gak boleh minum premium....gak percaya??? cukup soul gt-ku yg jadi buktinya...
ReplyDeletekok iso bro?? premium oplosan kali yang dicekokin ke GT nya.. hehe
Deleteartikel yang menarik
ReplyDeletelam kenal dr newbie gan
http://pucukpucuk.blogspot.com/2013/07/koleksi-software-pc.html
makasi gan kunjungannya
Deletelamkenaljuga
iya gan. sebenernya kalo pada aware sih perawatan motor Injeksi itu mudah dan murah.
ReplyDeletekalo di rawat baik baik mah bakal beres ko ^^
ReplyDeletesip ... ane setuja gan
Deletetapi karburator tiger kan gak beli 1 glondong masbro dan sangat jarang rusak bro.ada diganti cuma isinya. semua ada plus minusnya
ReplyDeletedirawat yang baik dan service rutin
ReplyDeleteyup, mw model apa motor kita asal perawatan baik pasti aweeet
Deleteklo di jagang trus jatuh gimana mas bro.. matek tuh motor harus ke bengkel resmi tarip 550 ribu .. apes mu nak??
ReplyDeleteapa iya sih bro bisa langsung matek trus pasti kena tarif segituh??
Deleteiya sih bro... tapi apa gak rada susah tuh sparepart tiger di banding motor injeksi?? cmiiw
ReplyDeletelagian tiger kan mw injeksi.. hehe
ReplyDeletebro fi bner2 sensinsitif ya,masa vario 125 nyebrang kali lngsung mati,itu gmna mas bro.
ReplyDeletewalah ente nyebrangnya pake apa bro?? perahu apa langsung nyebur?? kalo nyebur ya matek lah broo... untung aj ente masi selamat. wkwkwk
Deletehehe... #ane mikirnya kali itu segede kali ciluwung.
Jackpotcity Casino Site - ChoEgoCasino
ReplyDeleteExperience an unforgettable 카지노사이트 gaming experience with Jackpotcity Casino. We've got all the games you bk8 need to hit the 카지노 jackpot!