Wednesday, November 19, 2014

(Polling) Apa Nama Produk Skutik 125 Yamaha?

news.okezone.com
Rumor sudah menjadi konsumsi publik. Teaser dan indikator lain sudah bertebaran dimana-mana. Ini memang ciri khas Yamaha jika akan mengeluarkan senjata nya. Yup, Yamaha akan segera merilis varian terbaru berjenis kelamin skutik. Uniknya, spesies ini bener-bener baru. Mesin baru, teknologi baru, dan tampilan yang baru pula. Blue core menjadi istilah yang akhir-akhir ini banyak menghiasi ranah otomotif roda 2. Itu lah yang menjadi teknologi terbaru andalan Yamaha yang diaplikasikan pada mesin 125 CC pada produk barunya. Meski berkubikasi 125 CC, namun Yamaha nampaknya akan memposisikan gacoan baru nya ini di segmen entry level. Desain pun sepertinya diset untuk head to head dengan sang raja skutik saat ini Beat FI. Pihak kompetitor justru tidak menghadang nya dengan produk yang baru, melainkan facelift dari produk yang sudah ada. Beat FI ACG starter. Teknologi yang disematkan pada motor skutik premium akan diaplikasikan pada entry level. Nah, yang menjadi pertanyaan, apa nanti nama produk baru Yamaha skutik 125 CC berteknologi blue core tersebut?
tinhte.vn
MIO. Nama tersebut sepertinya sangat disakralkan pabrikan berlogo garpu tala. Nama tersebut memang sangat fenomenal pada generasi awal. Terbukti MIO pernah menjadi raja skutik dalam waktu yang tidak sebentar. Nama MIO masih dipertahankan YIMM hingga sampai spesies MIO GT. Kini meski masih familiar namun kedigdayaannya sudah memudar. Benar, raja skutik sudah dilengserkan oleh kompetitor dengan pukulan telak dari produk yang bernama BEAT. Tampaknya Yamaha masih sangat sayang dengan nama MIO ini. Tapi apakah nama tersebut masih dipertahankan untuk produk yang akan dirilis nanti? Hanya tuhan dan YIMM yang tahu.

Berkaca dari kesuksesan Honda dalam suksesi motor bebek entry level, imho Yamaha tidak perlu menyayangkan nama MIO dan mulai berfikir untuk nama yang baru. Bahkan, Honda tidak menyayangkan nama SUPRA yang sangat fenomenal. SUPRA sebagai varian motor bebek entry level tersebut kini digantikan dengan nama REVO. Dan hasilnya? Honda masih merajai motor bebek dengan nama baru. Cerdiknya lagi, nama SUPRA diangkat menjadi nama motor bebek premium dan berjaya diatas kompetitor. Penggantian nama memang gambling, menuntut kreatifitas tinggi, dan tidak terlepas dari hoki. Salah-salah melengserkan MIO malah terjungkal lebih dalam lagi. Yang jelas dengan nama baru akan merefresh opini masyarakat yang melulu MIO. Tapi akah susah pada sosialisasinya. Sebaliknya, dengan nama MIO tidak susah untuk mensosialisasikan namun dengan konsekwensi masyarakat akan semakin bosan.

Berdasar ilustrasi diatas, saya ingin para pembaca memberi pendapatnya pada pooling saya kali ini. Menurut anda, sebaiknya Yamaha masih  menggunakan nama MIO pada produk skutik barunya itu atau harus menggantinya dengan nama baru? Tentunya pertimbangannya adalah sambutan masyarakat akan nama tersebut dan mengacu pada hasil penjualannya. Monggo urun pendapatnya... Jika kira2 ada nama yang cocok nan hoki, mungkin bisa dilempar ke kolom komentar.


5 comments:

  1. iya ya bosen juga ya kalo masih mio

    ReplyDelete
  2. MIO M3 gan confirmed. menurut ane sih kurang nendang

    ReplyDelete
    Replies
    1. M3 mungkin generasi ke 3 kali ya mangsutnya

      kok gak G3 aja ya??

      biarin aja lah terserah yg jual

      Delete
    2. itu semua pasti sudah dipikir masak2 sama marketing YIMM ;)

      Delete

Mari Berbagi di Kolom Komentar (Semua Bebas Berpendapat)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...