Mobil LCGC sudah cukup lama
berkiprah di tanah air. Tidak tega rasanya jika saya menyebutnya sebagai mobil
murah. Memang banderol yang tertera relatif lebih miring dibanding harga mobil
pada umumnya. Namun tetap saja kapasitas saya belum mampu mencap LCGC sebagai
mobil murah. Masih mihil brooh. Pasti kebanyakan orang berpikiran yang sama. Saat
ini kita sudah hafal dengan tampilan dan fitur-fitur yang disematkan pada si mobil
hijau. Bahkan, kita pun sudah memcicipi bagaimana performa nya. Berbagai merk
pun seakan berlomba menjajakan barang dagangannya itu dengan strateginya
masing-masing. Dan, tidak sedikit yang meramalkan bahwa dengan lahirnya spesies
baru dibidang otomotif dengan nama mobil LCGC ini, pasar motor sport dan mobil
second akan terganggu. Dengan berbagai analisa tentunya. Apakah benar demikian?
Tapi jika kita boleh membandingkan,
harga mobil LCGC dengan harga mobil 2nd yang seharga dengannya, mana kira-kira
yang lebih worth it? Tentu akan banyak pertimbangan dari pelbagai sudut pandang.
Kegalauan pasti menghinggapi mereka yang berencana membeli mobil untuk pertama
kalinya. Lebih-lebih jika budget yang dipersiapkan hanya cukup untuk meminang
mobil second yang seharga mobil LCGC baru. Pilihan diantara mobil baru yang
bebas perawatan namun minim fitur dibanding dengan mobil second yang lebih butuh
perhatian maintenance namun fitur yang lebih menjanjikan menjadi bahan
pemikiran yang cukup berat. Belum terlalu terbuktinya kualitas mobil LCGC juga
menjadi bahan pertimbangan penting.
Bagi mereka konsumen motor yang akan
naik kelas ke roda 4 tentunya tidak akan langsung menjatuhkan pilihan pada
mobil premium kecuali orang tuanya berak duit atau doi mendapat harta karun. Mobil
entry level pasti menjadi list yang pertama. Mobil LCGC atau mobil second juga
pasti menjadi pertimbangan pilihan. Dan ternyata, bukan saja pengguna motor
sport yang akan naik kelas, pengguna motor bebek atau motor matik entri level
pun bisa jadi akan mempertimbangkan mobil LCGC atau mobil second jika memang
sangat membutuhkan alat transportasi roda 4. Sebagai contohh, pasangan muda yang
biasanya masih asyik bepergian dengan sepeda motor entry level tentunya akan berfikir
alat transportasi ber-atap untuk meneduhkan anak-anaknya.
Akhirnya, disini saya akan berusaha
mengukur seberapa besar pengaruh kehadiran mobil LCGC terhadap eksistensi pasar
mobil second dan motor premium (baca sport). Pendapat para pembaca sekalian dengan latar
belakang yang beraneka ragam pasti akan sedikit mempercerah kiprah mobil LCGC
kedepan. Monggo saya minta kesediannya untuk mengikuti polling di bawah. Anda gratis
mengisi dan juga gratis melihat hasilnya nanti. Terima kasih...
dengan budget seharga mobil lcgc baru saya yakin bisa dapet mobil 2nd sekelas avanza dengan kondisi prima (tanpa PR)
ReplyDeletetapi jelas banget perbedaan cost of maintenance dari keduanya gan... mobil baru free cost sampai setidaknya 20.000 km kedepan, sedang mobil 2nd tidak
Deletememang ada kekurangan dan kelebihan masing2 gan... finally ya tergantung konsumen yang memilih
Delete