Saturday, November 8, 2014

(Polling) Mobil Second vs Mobil LCGC

 
Mobil LCGC sudah cukup lama berkiprah di tanah air. Tidak tega rasanya jika saya menyebutnya sebagai mobil murah. Memang banderol yang tertera relatif lebih miring dibanding harga mobil pada umumnya. Namun tetap saja kapasitas saya belum mampu mencap LCGC sebagai mobil murah. Masih mihil brooh. Pasti kebanyakan orang berpikiran yang sama. Saat ini kita sudah hafal dengan tampilan dan fitur-fitur yang disematkan pada si mobil hijau. Bahkan, kita pun sudah memcicipi bagaimana performa nya. Berbagai merk pun seakan berlomba menjajakan barang dagangannya itu dengan strateginya masing-masing. Dan, tidak sedikit yang meramalkan bahwa dengan lahirnya spesies baru dibidang otomotif dengan nama mobil LCGC ini, pasar motor sport dan mobil second akan terganggu. Dengan berbagai analisa tentunya. Apakah benar demikian?


Tapi jika kita boleh membandingkan, harga mobil LCGC dengan harga mobil 2nd yang seharga dengannya, mana kira-kira yang lebih worth it? Tentu akan banyak pertimbangan dari pelbagai sudut pandang. Kegalauan pasti menghinggapi mereka yang berencana membeli mobil untuk pertama kalinya. Lebih-lebih jika budget yang dipersiapkan hanya cukup untuk meminang mobil second yang seharga mobil LCGC baru. Pilihan diantara mobil baru yang bebas perawatan namun minim fitur dibanding dengan mobil second yang lebih butuh perhatian maintenance namun fitur yang lebih menjanjikan menjadi bahan pemikiran yang cukup berat. Belum terlalu terbuktinya kualitas mobil LCGC juga menjadi bahan pertimbangan penting.


Bagi mereka konsumen motor yang akan naik kelas ke roda 4 tentunya tidak akan langsung menjatuhkan pilihan pada mobil premium kecuali orang tuanya berak duit atau doi mendapat harta karun. Mobil entry level pasti menjadi list yang pertama. Mobil LCGC atau mobil second juga pasti menjadi pertimbangan pilihan. Dan ternyata, bukan saja pengguna motor sport yang akan naik kelas, pengguna motor bebek atau motor matik entri level pun bisa jadi akan mempertimbangkan mobil LCGC atau mobil second jika memang sangat membutuhkan alat transportasi roda 4. Sebagai contohh, pasangan muda yang biasanya masih asyik bepergian dengan sepeda motor entry level tentunya akan berfikir alat transportasi ber-atap untuk meneduhkan anak-anaknya.

Akhirnya, disini saya akan berusaha mengukur seberapa besar pengaruh kehadiran mobil LCGC terhadap eksistensi pasar mobil second dan motor premium (baca sport).  Pendapat para pembaca sekalian dengan latar belakang yang beraneka ragam pasti akan sedikit mempercerah kiprah mobil LCGC kedepan. Monggo saya minta kesediannya untuk mengikuti polling di bawah. Anda gratis mengisi dan juga gratis melihat hasilnya nanti. Terima kasih...

3 comments:

  1. dengan budget seharga mobil lcgc baru saya yakin bisa dapet mobil 2nd sekelas avanza dengan kondisi prima (tanpa PR)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi jelas banget perbedaan cost of maintenance dari keduanya gan... mobil baru free cost sampai setidaknya 20.000 km kedepan, sedang mobil 2nd tidak

      Delete
    2. memang ada kekurangan dan kelebihan masing2 gan... finally ya tergantung konsumen yang memilih

      Delete

Mari Berbagi di Kolom Komentar (Semua Bebas Berpendapat)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...