Tuesday, June 18, 2013

(Result) Desain Zoomer-X Lebih Bagus Dibanding X-Ride

 
Berawal dari rasa penasaran saya mengenai sambutan masyarakat dengan munculnya motor matik dengan aura off road, saya pun mencoba membuat polling kecil-kecilan dan super simpel (klik disini). Yang santer di telinga kita saat ini memang 2 spesies dari pabrikan yang berseberangan. Yamaha menyodorkan kepada khalayak lebih dahulu memalui X-Ride, dan Honda baru berencana  merilis produknya yang disinyalir Zoomer-X. Nah saya sebenarnya juga pengin tahu, berandai-andai bagaimana nanti kira-kira jika kedua produk itu saling berkompetisi di pasar (kalau Zoomer benar-benar brojol). Yup, setidaknya hasil polling ini dapat menjadi sedikit titik terang pengandaian saya itu. Menurut hasil poling saya, ternyata kebanyakan orang sangat mendukung pelokalan Zoomer-X ke Indonesia. Ini ditandai dengan Desain Zoomer-X sangat diminati oleh masyarakat.
Meski hanya bermodalkan gambar, namun paling tidak cukup untuk menjawab teka-teki. Dari 197 responden yang meluangkan waktunya untuk mengikuti polling di warung saya ini (terima kasih bro sis semua), 75% vote untuk Zoomer-X, dan sisanya 25% suara memilih X-Ride. Yup, para pengunjung warung mengaku desain Zoomer-X lebih bagus dibanding desain X-Ride. Terlepas itu ada pengaruhnya dengan hanya menggunakan media gambar sebagai ilustrasi, dan salah satu produk belum dirilis ke Indonesia (masih banyak yang hanya membayangkan), namun inilah hasil yang saya dapatkan. Desain yang menurut saya lebih ekstrim ternyata yang lebih disuka.

Ban yang kekar, peredam kejut upside down dan bagasi bolong menjadi sumbang sih superiornya desain zoomer-x atas x-ride. Meskipun ada beberapa ketakutan seperti bagasi bolong akan mengundang maling, tangki di depan akan mengurangi sisi safety, namun kekurangan itu masih bisa ditutup dengan kelebihan-kelebihannya. X-Ride yang ber-desain lebih konvensional ternyata tidak semenarik desain seterunya menurut responden. Yup, masyarakat indonesia memang suka desain yang nyleneh namun keren, persis seperti yang ditawarkan Honda dengan Zoomer-X nya.

Dengan hasil polling ecek-ecek ini, jika boleh saya ambil kesimpulan yakni Honda tidak perlu khawatir dengan sambutan masyarakat atas rilisnya Zoomer-X nanti. Menyegerakan launching dengan penempatan harga yang tepat, bisa membuat X-Ride bakalan amburadul. Itu setidaknya jika dirasa market segmen ini potensial. Namun jika dirasa kurang, fokus di segmen sports adalah pilihan yang bijak bagi Honda. selanjutnya, Yamaha perlu sedikit waspada, 75% vs 25% adalah bukan pautan angka yang sedikit. Ibarat 10 orang ditanya, tidak ada 3 orang yang suka dengan desain X-Ride jika dibandingkan dengan Zoomer-X (sekali lagi ini versi pooling saya). Mengangkat value X-Ride ke khalayak adalah harga mati agar value X-Ride tidak mudah untuk diciderai seterunya.   (Hasil dari Polling desain Zoomer-X vs X-Ride).

7 comments:

  1. yoooo messstiiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, setidaknya itu dari hasil polling mini ane

      Delete
  2. Survey membuktikan.....
    ZOOONK !!!

    Bisa-bisa bebalik neh ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. biyuh... "zooonk" kyk kuis yang tebak2 harga itu.. #lupa

      Delete
  3. Mohon untuk perbandiangannya bukan hanya modelnya tp kelebihan & kekurangannya mengenai mesin, kecepatan, ketangguhan suspensi dll di luar dr pd model tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu lg gan ... kami sekeluarga sdh lama sekali panatik dgn honda , dr sekian motor yg kami miliki (Honda) semuannya body plastiknya mudah longgar, mengingat yg sy lihat dr x-ride lebih kuat u/pengikat bodynya krn bgt bnyk baut pengikatnya sehingga kemungkinan lebih tdk mudah longgar. terbukti ada satu motor kami merk yamaha Jupiter Z CW yg sudah kami miliki selama 8 Th body plastik masih kokoh tidak sedikitpun longgar.

      Delete
    2. tidak sedikit memang yang mengeluhkan seperti itu. semoga pabrikan lebih memperhatikan lagi. untuk masalah review kekurangannya saya sendiri terbatas dengan unit test ride yang tidak available. mungkin di kesempatan lain bisa mengulas lebih dalam lagi.
      terimakasih atensinya...

      Delete

Mari Berbagi di Kolom Komentar (Semua Bebas Berpendapat)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...