Pertanyaan
itu lah yang mungkin berada di benak ATPM Yamaha. Betapa tidak. Dengan sekuat
tenaga hendak mengkudeta Beat dari singgasana skutik, akhirnya sirna begitu
saja dengan hadirnya Beat FI. Selain mesin yang berubah total, desain Beat FI
ini juga mengalami revisi dari Beat karbu. Justru body Beat FI terlihat lebih
gambot dari Beat sebelumnya. Selain itu, tidak ada perubahan dari generasi Beat
karbu menjadi Beat FI.
Nah,
dengan lahirnya Beat FI ini, market share tidak bergeming sedikitpun. Beat FI
sangat sukses membawa tongkat estafet market share dari beat generasi
sebelumnya. Beat FI masih menjadi menjadi motor skutik terlaris di Indonesia
sampai saat ini. Bahkan di beberapa daerah Beat FI mampu mengungguli Beat karbu
dalam hal volume penjualan. Yamaha sendiri sepertinya telah kehabisan akal
untuk menghadapi kedigdayaan Beat FI. Mio-J yang digadang-gadang dapat
melengserkan Beat, justru dipecundangi oleh Beat FI. Perbedaan antara Beat FI
dan Mio-J pun hanya sebatas desain dan image brand saja.
Sekarang
mari kita share di tabel polling di bawah. Menurut Anda, apa yang menjadikan
Beat FI lebih laku dibanding Mio-J? Kemudian dipersilakan juga cuap-cuap di
kolom komentar... Terimakasih sebelumnya atas partisipasi dalam polling kali
ini.
ini seperti kasus di segmen sport yang dikuasai New Vixion
ReplyDeletesusah digulingkan
Deletebingung juga y lihat fenomena beat fi, padahal klo dari desain mio J lebih bagus, dinamis, modern, stylish, sedangkan klo beat gede, gendut, bawahnya terlihat kosong sama seperti vario...mungkin ya karena itu "merk", coba ada polling pembeli beat, pengen denger...
ReplyDeletefaktor pembelian bukan hanya dari tampilan saja bro.. masih banyak faktor lain sepeti yg bro sebutkan "merk". ada lagi popularitas, kelebihan dan kekurangan, dan sebagainya...
Deletememang lebih mengena jika yang menjadi pengisi polling adalah pengguna Beat FI. tapi setidaknya yang bukan pengguna juga bisa urun suara, karena kita bisa dilihat dari sudut pandang mereka juga.
mungkin perbedaan dari feel riding nya mas bro..
ReplyDeletepernah pake mio karbu, kesan pertama buka gas, terasa mw loncat, akselerasinya terlalu maksa..
pake beat karbu, tarikan awalnya enak, nggak loncat kayak mio, handling jg lebih enak drpd mio karbu..
kalo akselarasi kayaknya memang sudah menjadi identitas kedua pabrikan deh.
Deletedan tak semua orang juga suka dengan akselarasi yang smooth.. jadi masih relatif. cmiiw
wew... motor kalo udah populer sudah pasti semakin laku asal inovasi jalan terus...
ReplyDeletemio dulunya populer,karena minim inovasi jadi terjungkal deh.. hehe
nih fenomena nya
http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2012/07/fenomena-honda-beat.html
Honda tampaknya sudah tahu kuncinya ya mas bro.
Deletejadi pening dah Yamaha mau ngebabat Beat FI
Bener tuh mas bro. Yamaha dulu terlalu terlena sama kesuksesan mio generasi awal. Jadi minim inovasi dan perubahan. Shg skr waktu beat udah mulai menanjak ngejarnya jadi susah. Soalnya yg beredar di masyarakat masih kejelekan dari mio generasi awal yg katanya boros, padahal sih nggak beda jauh sama beat, apalagi yg generasi injeksi udah sama aja, tergantung cara makenya aja. Kalo desain sih relatif, bahkan menurut saya mio gt desainnya jauh lebih bagus dari yg lain tp tetep nggak selaris yg lain. Makanya itu skr yamaha udah belajar dari kesalahan kalo kita liat di segmen sport. Dia udah nggak mau kecolongan lagi dari honda.
DeleteSory ralat dikit. Maksud saya desainnya soul gt yg cakep, bukan mio gt. ^_^
Deletekalo anak muda sih harusnya lebih suka desain dari Yamaha yak.. soalnya Yamaha sudah terkenal dengan aura "muda" nya.
Deletejangan2 anak muda yang pake beat itu karena dibelikan sama ortu mereka??
#masihbingung
klo menurut pandangan saya sih
ReplyDeletedari segi desain:
yamaha : orang cepat suka pada pandangan pertama tp cepat jg bosannya
honda : entah mengapa makin lama dilihat makin naksir/ga bosenin
dr segi kenyamanan honda mengutamakan itu!!
nah sekarang pertanyaannya, saat orang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan tampilan motor Yamaha, mereka langsung beli atau masih mencari perbandingan dengan kompetitornya?
Deletekalo langsung beli, harusnya Mio-J lebih laku, tapi kalo masih melirik produk sebelah ya bisa jadi Beat FI yang lebih moncer.. hehe
beat tu lbh nyaman dr pd mio.... klo di pake di jalan berlubang, pake mio g enak blas. (pengalaman ku si...g tau dech yg lain)
Deletebole jadi bro...
Deleteaplikasi ban pada Beat FI lebih gede ketimbang pada Mio-J. jadi lebih empuk di jalan rusak.
saya kok juga heran, motor matik Yamaha kebanyakan pake bannya kecil.
selera konsumen
ReplyDeleteYup, ini memang masalah selera gan. Namun lebih ke selera konsumen mayoritas. Tepatnya selera konsumen mayoritas terhadap motor matik entry level itu seperti apa? begono
Delete22nya bgus
ReplyDeleteMemang tiada yang jelek dari keduanya. Makanya ini justru membuat bingung dunia merketing kususnya pada merket speda motor matik entry level Indonesia..
DeleteShok metik Ymh lebih keras dan ukuran ban yg lebih kecil...so amat berpengaruh pada segi kenyamanan, dan itu yg mestinya YMH sadari.....tp tetep aja ga melek2....
ReplyDeletekata pakar sih kalo shock keras, dia enak buat kebut (anteng n kagak limbung). dan sebaliknya kalo lembut buat kenceng n cornering kurang yahud..
Deletekalo masalah ban memang sih yamaha agak pelit kasih ban agak gedean ke matik entry levelnya.
semoga aja dengan kompetisi ini Yamaha jadi kasih ban gambot ke semua matik.. hehe
klo mnurut aku matic honda lebih kuat dari yamaha. dari survei yg aku liat banyak skali matik yamaha yg roda blakang nya "geal-geol" bahkan ada SOUL GT masih baru udah geal-geol,sementara matic honda yg aku pernah liat geal-geol cm vario yg versi awal (vario yg jadul banget). makanya aku lebih pilih pake honda. gt mas brow...
ReplyDeleteskutik yamaha geal geol.. kayaknya kasus minoritas aja bro. kebetulan aja mungkin di sekitar mas bro skutik yamahanya pada ngegeol. atau mas bro sendiri yang ngerasa begitu karena ban skutik yamaha memang lebih kecil dibanding skutik honda pd umumnya. IMHO
Deletekebanyakan memang matic yamaha geal geol bro...btw banyak juga beat dimodif ban kecil tapi jarang ada yang ngegeol bro..imho..
DeleteSip bro.. namun mungkin perlu penelusuran lebih lanjut untuk hal tersebut. biar data yang didapat lebih akurat. atau bisa ditanyakan ke bengel resmi Yamaha terdekat.
Deletegak laku juga ngaku paling depan.. Taglin ymh terllu sombong menurutku
ReplyDeletetagline/slogan lebih mengungkapkan harapan ketimbang kenyataan bro.. IMHO
Deleteuntuk masalah shok, emang mio J lebih keras dibandingkan Beat, saya pengguna Yamaha Mio emang bener tuh shoknya keras.
ReplyDeleteuntuk masalah shok, emang mio J lebih keras dibandingkan Beat, saya pengguna Yamaha Mio emang bener tuh shoknya keras.
ReplyDeleteiya bro betul. shock empuk dan keras juga ada kelebihan dan kekurangan.
Deleteshock empuk jelas enak buat jalan rusak, shock agak keras lebih asoy buat geber alias ngebut. cmiiw
ttp pilih bli mio j deh klo ane,cz nih mtor msin udh forged piston + diasyl silinder yg udh kbuktiin awet bgt d MX '07 ane...
ReplyDeletey klo mslh sochk yg keras tinggal gnti z ma produk aftermarket jg udh beres,tp agak kras lbih asik klo lg d ajak ngebut
Sip bro... selera tiap kepala memang berbeda.
Deleteternyata habis iat hasil surveynya.. desain yang paling banyak memilih yaaa... dan nama besar HONDA ke 2.. hmm.. berarti inovasi yang dilakukan sangat efektif yaaa.. :D
ReplyDeleteYup, kurang lebih seperti itu pak.
DeleteKarena jaman sekarang, memang desain jadi prioritas utama konsumen saat membeli motor.
http://survei-motor.blogspot.com/2013/01/result-konsumen-prioritaskan-desain.html
ini baru fakta gan..
ReplyDeletefakta koq mau dilawan..
fakta dilawan dengan fakta
Deletehem seneng banget ngabaca komen dimari
ReplyDeleteadminny responsif responnya...
& cukup obyektif menurut ane....... :) [jempol]
btw ane user mio 2010 plus ada skydrive digarasi biasa babe pake.
& beat lawas adek yg make.
menurut ane dr ketiga tipe itu smua ada plus minus.
#pengen upgrade ke engine injeksi.
tp masih nyari referensi.
tengkyu ulasanny sangat membantu.....
penggemar matik abis dan berjiwa petualang ya bro, sampe ada 3 matik dengan merek beda2.. hehe
Deletemakasi apresiasinya bro..
senang bisa berbagi
menurut pandangan pribadi saya mio j terlalu banyak warna seperti banyak skotlet, mungkin itu yang kurang serasi di mata orang2 awam seperti saya, karena jiwa saya memilki pandangan motor yang ngga terlalu rame warna.
ReplyDeleteBisa jadi bro. memang Yamaha dirasa terlalu berani membuat diferensiasi pada sisi warna dan striping. namun bisa saja lambat laun style warna seperti itu digandrungi masyarakat
Deleteaku punya mio gt bos. law mertuaku punya honda spacy. kalau buat jalan 40 km enak honda boss, lau buat jalan 60km enak yamaha. law bahan bakar hampir sama tergantung cara berkendara. getaran mesin minim honda suspensi empuk honda.
ReplyDeleteaku suka honda, tapi law buat nongkrong aku pilih yamaha
demikian cerita agan, bagaimana cerita Anda?
DeleteGini nih akibat black campaign merk lain, yamaha kena karma. Bajaj & Honda jadi korban black campaign nya yamaha lewat iklan TV.
ReplyDeleteTukang black campaign yamaha mesti kerja keras lagi nih. Ayo Jaos, Roy, Nobita, peyek, ciaaa, ancok operpress, lebih semangat lagi ya BC-nya ;)
Ayobro...
Delete*ikutnyemangatinjugahehehe
intinya tiap produk ada kelebihan dan kekurangannya ya gan
ReplyDeleteDesain mio J tidak menjadi lebih keren dari yang lama,
ReplyDeletesoul GT keren tapi cuma bagian depan atas doang, part-part lain kurang sip, velg+ban masih itu-itu aja.
Padahal kunci boomingnya produk yamaha adalah pada desainnya.
Pembaharuan pun terhitung lambaat.
Mio lama memberi efek bosan, probem-problem lama tidak ada improvisasi, sehingga kapok untuk membeli mio lagi. Pindah merk lain dah, dan terasa lebih baik.
bole juga gan analisanya...
Deletemasukan buat Yamaha ya bro untuk facelift nya yg semangat dan jangan lambat serta tentunya yg lebih hebat..
Saran, mungkin ada opsi "fitur" yang bisa dijadikan bahan polling. Secara dua motor tersebut beda fitur...
ReplyDeletecm sekedar saran..
sip bro.. makasi masukannya. pasti akan menjadi pertimbangan kedepannya
DeleteYang Jelas udh kemakan omongan mbak moyang, yg katanya empunya honda beat 1Ltr/90Km. menurut gw pribadi ga jauh beda ama yamaha mio gt. Pendapat pribadi ya.....
ReplyDeletemonggo gan, silakan berpendapat
DeleteBeat Fi vs mio J. pendapat pribadi sih klo dari desain bagusan mio J gan. walaupun ane gak suka dgn yamaha :)
ReplyDeletetapi lebih bagus old beat tentunya
aseeek... old beat emang penomenal...
Deletecoba kalo ada old beat Fi ya gan... wkwkwk
Riding mio gt bagus dibanding mio awal dan mio sport....yamaha semakin di depan
ReplyDeletewah sip.. gak sia2 Yamaha improve klan mio ini
Deletekebetulan lagi pengen ngambil motor ke dua, nemu web ini, yang bener-bener jauh beda dibanding web-web lain yang saya kunjungi. disini comment nya enak dibaca semua, saling tukar pendapat tanpa menggunakan kata-kata yang gak pantas, gak kayak tempet lain yang saling hujat.
ReplyDeletekalo dari saya sih, mungkin udah trademark kali ya pake yamaha, soalnya dari dulu jaman motor alfa sampe fizr, rx king, sekarang mio Sekarang mau ambil 1 lagi buat istri, dan lagi cari-cari yang paling enak antara mio J, mio GT atau xeon RC. Dilihat dari top speed sih kayaknya kurang lebih sama semua, cuma yang enak dikendarai buat santai sehari-hari itu masih ragu.
wah makasi gan atas apresiasi positifnya.. jadi tambah semangat ngeblog.. hehe
Deletemungkin test ride dulu gan biar puas milihnya..
sekali lagi makasi atas lawatannya...
wah pasti badan ente bongsor dan berbokong jumbo ya om.. yang bikin heran kenapa dari vartech malah hijrah ke Mio-J, harusnya ke PCX.. hehe
ReplyDeleteMungkin agan secara gk langsung bandingin Mio-J dengan vartech. Emang gak lawan gan, kan beda segmen.
Ya kalau emang tu Mio-J gak nyaman bukan karena gagal produk, maka jawabannya adalah Mio-J gk cocok dengan agan. Tapi kalo karena gagal produk, maka klaim garansi jawabannya..
makasi agan ikhsan noor udah kesasar ke sini
ReplyDeleteMio j parah,baru 1thn mesin gk ada kompresi+indikator mesin ngedip-ngedip(lampu orange dispido) motir BERES ditanya kenapa gk ada kompresi jwbannya jauh kemn-mn!!!!!!!!! Kebykan yg make motor??????????
ReplyDeletesabar brooo... mungkin bisa dibawa ke bengkel yang menangani klaim langsung. biasanya di pusatnya alias sentral
Deletemio j mah berat kalo beat fi enteng dan nyaman
ReplyDeletetarikan apa bobotnya nih bro?
Deletebro bro semuanya bukannya sombong ane pernah punya kedua motor tsb.
ReplyDeletedari segi kenyamanan menang Honda, desain memang kalah tp soal kenyamanan dan kehebatan mesin masih menang beat . .
Tanya az sama showroom yg jual metic bekas pasti Honda lbih mahal di jamin ane jual mio jatuh bgt harganya
kebanyakan sifat konsumen indonesia ntu memang kalo beli pasti dengan pertimbangan harga jual kembali
DeleteDuh ane dah terlanjur ngutang mio j :(
ReplyDeleteEmang sih shock keras,gk enak klo di jalan rusak
Tapi kalo irit emang bner nih irit :)
syukuri apa yg sudah dimiliki aja brooo
Deletemotor yamaha desainnya kereeenn, honda setengah keren setengah culun, kalo suzuki,,,maaf ancur2an desainnya ( coba aku diajak jd team desainnya ), nah yg ini motor sportnya yg keren2 pasti kawasaki
ReplyDeleteyang paling keren tetep yang komen doooong
Deleteya sich, mio j keras...aku beli baru....ku pake dua minggu.....agak kurang nyaman, untuk di jakarta yang sering macet, jalan banyak lubang, polisi tidur.......jadi bergetar dan keras dipakenya, gak empukkkkkk.......riweh banget kalau ada jalan rusak atau lubang,
ReplyDeleteimho, yamaha memang setelan shock breaker agak sedikit lebih keras dibanding honda. ini bertujuan agar lebih stabil pada kecepatan tinggi
Deleteemang bawa motor selamanya harus ngebut yah......kan kondisi jalan beda-beda.....masa bawa motor harus kencang kayak marc marques........ hehehehe salam
DeleteBelum pernah pake matic merk manapun khususnya Beat FI jadi soal peforma n kenyamanan baru tau dari pemakainya, tapi jujur saja sekarang minat saya untuk memiliki Beat FI ini makin kuat, bukan karena ikut2an. Desainnya benar-benar membuat saya tertarik. Itu saja sudah cukup, soal performa mesin Honda memang tak usah diragukan..
ReplyDeletebaik bet fi maupun mio j pasti punya standar yang tinggi dalam produk. keduanya produksi jepang dan sudah tidak diragukan lagi brand nya. namun masalah desain memang relatif tiap potensial buyer. pilihan terakhir tentunya pada konsumen.
DeleteTx info infonya...jd lbh mantap utk ambil beat kayanya niih
ReplyDeletesama-sama sis... informasi yang saya dapat juga dari pendapat para pembaca. saya hanya mengumpulkan informasi saja
DeleteTlg info donk. Kabarnya kl motor matic boros di aki. Gmn caranya spy aki nya awet??? Mohon tipsnya
ReplyDeletehal tersebut relatif. tergantug perawatan. asal rajin cek air aki (jika tipe basah) dan pemanasan motor pada saat pagi hari itu sudah cukup
Deletebisa jadi karena bintang iklannya Agnes monica jadi orang pada pengen beli honda beat
ReplyDeletekemungkinan saja bro... penggemar doi kan buanyak
DeleteWaduh blognya menginspirasi sekali terimakasih mas
ReplyDeleteOrang goblok tau nya honda doank,ky hp tau nya samsung doank
ReplyDeletefanatik yamaha ya ato salesnya yamaha atau bekerja di pabrik yamaha bisa jadi fansnya rosso, atau terkesima ma warna biru yang monopoli acara motogp di TV katanya semakin di depan hadewwwhhhh penjualan anjlok. Takut lebih anjlok hingga host motogp di TV mengatakan "sekarang juara motogp lebih berwarna ada suzuki ada ducati ada yamaha..." HONDA NGGAK DISEBUUTTT... ha ha ha nggak ngaruh pada penjualan mas bro...
DeleteMemang sangat berpengaruh sih sama harga purna jualnya.. perbedaannya jauh antara harga beat yg lebih tinggi dari pada mio
ReplyDelete